Kuliah Tamu dengan tema: “General Knowledge of Ship Classification” memberikan informasi yang sangat berguna bagi mahasiswa, terutama mahasiswa tingkat akhir. Dalam hal ini adalah peran Klas sebagai pemegang regulisasi memberikan standar yang cukup ketat untuk menilai kelayakan suatu kapal.

Pemateri menjelaskan peran Klas adalah melakukan berbagai survei dan konsultan kelautan pada kapal dan kargo dari berbagai sudut pandang untuk memastikan pengoperasian kapal dan perdagangan kargo yang aman dengan pengalaman panjang dan pengetahuan, memberikan saran yang tepat dan mengeluarkan laporan. berbagai survei yang dilakukan klas antara lain:

  • Hatch Survey
  • Stowage Survey
  • Survey of Ships’ Hulls, Cargo Handling Machinery, Propulsion Machinery & Appurtenances
  • Towing Survey (Towing Survey of Ships Without Self-Propulsion)
  • Condition Survey for Cargo
  • Draft Survey

Survei dan konsultasi membantu pencegahan kehilangan kargo, memperpendek seluruh periode transportasi dan berkontribusi untuk meningkatkan peningkatan kualitas dan keamanan transportasi internasional dan kelancaran perdagangan internasional.

Dalam penjelasannya, Bapak Mohammad Arief Lucky Dharmanto, S.T. selaku Principal Surveyor, NKK melakukan analisis risiko mengenai (a) logistik internasional dan domestik, (b) transportasi antar moda, (c) gudang, (d) tempat penyimpanan kargo, dll. untuk mengusulkan langkah-langkah yang tepat untuk meminimalkan risiko dan kerusakan transportasi.

Kuliah Tamu ini diikuti oleh para mahasiswa dan dosen untuk memperoleh pengetahuan lapangan sebagai pengetahuan dasar yang sangat bermanfaat saat terjun ke lapangan. Para peserta sangat antusias dan semangat dalam mengikuti kuliah tamu kali ini. Kegiatan atau event seperti ini dilakukan secara rutin oleh Teknik Perkapalan UHT Surabaya yang bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Teknik Perkapalan UHT Surabaya untuk membekali kemampuan softskill di Lapangan.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *